Kamis, 15 September 2016

Sejarah , Teknik Dan Peraturan Handball [Bola Tangan]

Sejarah Handball (Bola Tangan)

Handball (Bola Tangan) merupakan Olahraga yang telah berusai sangat tua karena menururt sejarah Permainan Handball ini mulai dimainkan pada saat Zaman Yunani Kuno, karena kaum laki-laki pada saat itu lebih mahir menggunakan tangan dibandungkan dengan menggunaka kaki untuk mermukul dan memainkan bola, sebagaimana sumber sejarah mengatakan bahwa permainan Hand Ball ini lebih dulu dikenal dari Permainan Sepakbola, pada saat itu pemainan Hand Ball ini belum menggunakan Peraturan yang baku akan tetapi semua itu merupakan cikal bakal terlahirnya permainan Hand Ball (Bola Tangan) Modern.
Handball.jpg
Seiring Perkembangan zaman pada abad ke 19 bola tangan modern mulai dimainkan di Negara Denmark yaitu di Kota Danish bagian Nyborg, dengan dipelopori oleh seorng Pakar pendidikan Jasmani mulai memindahkan permainan Hand Ball (Bola Tangan) ini kedalam dua bentuk permainan yaitu Raffball (Bola tangkap) dan Konigsbergerball.
Pada tahun 1912 Hirscman seorang berkebangsaan Jerman mulai mengenalkan dan menyebarkan bola tangan di negaranya, dan kemudian Dr.Karl Schelenz yang merupakan Guru olahraga mulai memperkenalkan permainan Hand Ball yang dilakukan pada lapangan besar dan mengembangkan Peraturan-peraturan, sehingga pada tahun 1926 diadakan sebuah pertemuan (Kongres Federasi Atletik Amateur Internasional) yang bertempat di kota Haque dan mengusulkan untuk dibentuk Peraturan Olahraga Hand Ball (Bola Tangan) ini.
dan pada tahun 1946 Denmark, sewedia dan delaoan negara lainnya mendeklarasikan Federasi Bola Tangan Internasional (International Hand Ball Federation (IHF) ) dan delapan negara tersebut adalah Denmark, Finlandia, Perancis, Belanda, Norwegia, Polandia, Swiss, Swedia. Sampai tahun 2003 IHF memiliki jumlah peserta sebanyak 150 peserta Negara dengan 80.000 klub.
Setelah Pecah nya perang dunia II permainan Hand Ball ini terjadi perubahan dan di negara-negara Eropa perminan Hand Ball muncul kembali dan menjadi populer pada saat itu dengan jumlah pemain sebanyak 7 orang dengan sejumlah cadangan, perkembangan Bola tangan dengan 7 Pemain ini sangat lah pesat karena memiliki pola permainan yang sangat unik, alur bola dan pergerakan nya cepat dan dinamis.
Pada tahun 1954 untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan dunia pertama dan pada kala itu Swedia berhasil keluar sebagai Juara, kemudian pada Olimpiade Munchen (Jerman) permainan Hand Ball ini kembali diasukan kedalam cabang yang dipertandingkan di dalam Olimpiade dan pada saat itu yugoslavia berhasil mendapatkan Mendali emas.
 Pada tahun 1974 mulai dibentuk Federasi Bola Tangan Asia ( Asian Handball Federation) dan dikukuhkan secara resmi di Kuwait, dan Induk Bla Tangan Indonesia adalah ABTI (Asosisasi Bola Tangan Indonesia). dan di indonesia pada ajang PON ke II Bola tangan mulai dipertandingakan walaupun dengan peserta dari 4 daerah yaitu jakarta, Jawabarat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 
akan tetapi pada saat ini Hand Ball / Bola Tangan Mulai diperkenalkan pada Siswa dan Mahasiswa di sekolah-sekolah sehingga akan memberikan pengenalan dan pemahaman bahkan pada saat ini mulai diadakan pertandingan Kejuaraan antar Sekolah / Universitas diindonesia.  


Hand.jpg
Pada artikel sebelum nya Kumpulan Olahraga telah mengulas tentang Sejarah Handball dan Peraturan Permainan Hand Ball/ Bola Tangan pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan sedikit mengulas tentang Teknik Permainan Olahraga Hand Ball / Bola Tangan. Dalam Olahraga Hand Ball ada beberapa Teknik yang harus dikuasai diantaranya :

A. Teknik Menembak

Pada Olahraga Hand Ball / Bola Tangan ada beberapa jenis dan teknik menembak bola diantaranya

1. Tembakan Setinggi Bahu 

Dalam m
elakukan Tembakan setinggi Bahu ini dilakukan dengan cara :
a. Berdiri dengan kedua kaki agak dibuka kesamping dan bahu menghadap ke arah sasaran.
b. Tangan yang memegan bola diletakan sedikit diatas kepala dengan sikut sedikit ditekuk untuk memudahkan dalam lemparan dan agar lemparan keras.
c. Gerakan dilakukan dengan menggerakan dan meluruskan lengan atas kedepan atas, dan bersamaan dengan itu bola dilepaskan dari telapak tangan yang dibantu dengan pergelangan tangan.

 2. Tembakan Dari Samping

Untuk tembakan dari samping ini caranya hampir sama dengan melempar dari setinggi bahu akan tetapi yang membedakan nya adalah posisi tangan, untuk melakukan tembakan dari samping ini Tangan diletakan pada samping badan yaitu diantara bahu dan pinggang. dalam melakukan tembakan dari samping ini  tangan diayunkan dari belakang bagian samping bersamaan dengan itu bola dilepaskan dari telapak Tangan.

3. Tembakan dari bawah lutut.

Teknik ini diawali dengan merendahkan kedua lutut dan pisisi kaki melangkah, kemudian bola ditembakan dari arah samping badan melewati bagian bawah lutut.

4. Tembakan sambil Melompat.

Tembakan yang disertai dengan lompatan kemudian dilakukan Tembakan ketika badan melayang diudara, biasanya tembakan ini dilakukan ketika hendak melakukan tembakan kearah gawang.

B. Menghadang Lawan.

Sama hal nya dengan permainan Basket dan Futsal dalam Hand Ball / Bola Tangan juga dibutuhkan teknik dalam menghadang serangan lawan yang bertujuan agar lawan tidak bisa menembakan bola dan mengoper bola ke pada rekan setim nya. Untuk melakukan hadangan ini dapat dilakukan dari berbagai arah baik dari depan, Belakan maupun samping pemain lawan.
 Teknik hadangan dalam permainan Hand Ball / Bola Tangan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :

1. Hadangan dari depan

a. Kedua kaki sedikit dibuka dengan kedua lutut agak direndahkan hal ini agar memudahkan kita dalam melakukan hadangan dan melihat arah bola.
b. Tumpuan Berat badan berada pada bagian depan (badan condong). 
c. Kedua tangan direntangkan yang bertujuan agar mengganggu lawan dalam melakukan Operan dan pandangan tertuju pada lawan yang menguasai bola.

2. Mengahadang dari belakang

 Teknik Hadangan dari belakang ini dilakukan dengan cara mengambil posisi di bagian belakang lawan yang menguasai bola dan menjaga agar pergerakan lawan tidak leluasa.

3. Hadangan dari Samping

Secara keseluruhan hampir sama dengan hadangan yang dilakukan dari depan maupun belakang, yang membedakan untuk hadangan dari samping ini dilakukan pada bagian samping lawan.

C. Teknik Menggiring Bola (Memantulkan Bola)

Menggiring bola adalah suatu cara yang dilakukan untuk mendekat kepada teman atau gawang lawan sehingg mempermudah untuk melakukan tembakan, yang perlu diperhatikan dalam menggiring bola diantaranya :
a. Dalam memantulkan bola apabila dilakukan dengan tangan kanan maka kaki yang melangkah harus lah kaki kanan.
b. Bola dipantulkan didepan dengan posisi agak kesamping agar bola yang dipantulkan tidak mengenai kaki.
c. Saat memantulkan bola pergelangan harus elastis (Tidak kaku).
d. Membawa bola tidak boleh melebihi tiga langkah, apabila melebihi tiga langkah maka dinyatakan Foul / Pelanggaran.

handball13.jpg

Dalam Posting saya sebelumnya saya mengulas tentang sejarah Permainan Hand Ball / Bola tangan dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Peraturan Hand Ball / Bola Tangan, dalam olahraga Bola Tangan ini terdapat bebrapa peraturan Dasar yang harus dipatuhi diantaranya :


1. Jumlah Pemain.

Jumlah Pemain dalam permainan Hand Ball / Bola tangan ini adalah berjumlah tujuh (7) orang pemain dalam satu regu (Termasuk Penjaga Gawang)


2. Lapangan

a. Ukuran lapangan Hand Ball / Bolatangan adalah 40 x 20 m dengan garis pemisah di tengah dan di sekitar daerah gawang dibuat garis untuk menandai daerah tersebut merupkan daerah yang hanya boleh dimasuki oleh penjaga gawang.
b. Tiang gawang harus terbuat dari kayu dengan lebar 12,5 cm dan lebar tiang gawang adalah 7,32 m dihitung dari sebelah dalam dari tiang gawang, sedangkan tinggi 2,44 m dihitung dari sebelah dalam Mistar gawang dan dilengkapi dengan Jaring.
c. Garis lemparan gawang diambil dengan menarik suatu lingkaran dari 13 meter.
d. Diluar garis lemparan gawang dengan jarak 6 meter ditarik suatu garis tipis, garis ini dinamakan garis lemparan Bebas.
e. Diluar garis lemparan gawang dengan jarak 6 meter ditarik suatu garis yang sejajar dengan garis gawang.
f. diambil Gartis tengah yang membagi dua lapangan yang menhubungkan kedua garis samping.
g. ditengah lapangan dibuat suatu lingkaran dengan radius 9,15 meter, dan ditengah lingkaran tersebut dibut titik yang disebut titik awal lemparan permainan Hand Ball / Bola Tangan.
h. Tiap sudut lapangan Permainan harus ada bendera degan tinggi 1,5 meter.

 3. Lama Permainan

Dalam Permainan Hand Balll / Bola Tangan ini memiliki waktu yang berbeda antara Pemain Putra dan Pemain Putri yaitu : 
a. Lama Permainan Putra yaitu 2 x 35 menit, dengan lama istirahat selama 10 menit
b. Lama Permainan Putri Yaitu 2 x 30 menit, dengan lama Istirahat selama 10 menit.

4. Kiper

Pada intinya peraturan untuk kiper Hand Ball hampir sama dengan peraturan pada permainan Sepakbola dan perminan Futsal yaitu :
a. Kiper hanya boleh membawa lari / Menangkap bola di dalam area Kiper.
b. Kiper boleh keluar dari area Kiper akan tetapi kehilangan Haknya sebagai Kiper (Apabila menangkap bola diluar area Kiper maka dinyatakan sebagai Pelanggaran).
c. Kiper boleh menahan Bola dengan seluruh anggota Badan.
d. Kiper boleh menendang bola sebelum disentuh.

5. Daerah Kiper.

a. Daerah Kiper hanya untuk Kiper dan pemain lain tidak boleh memasuki daerah kiper.
b. Pemain Penyerang boleh menembak sambil melayang di atas daerah kiper akan tetapi bola harus sudah dilepas sebelum kaki mendarat.
c. Bola yang ada didaerah kiper menjadi kekuasaan Kiper.

6. Pelanggaran.

Dalam Peraturan Hand Ball / Bola tangan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan karena apabila salah dalam teknik bermain maka akan dianggap sebagai pelanggaran, peraturan - peraturan tesebut diantaranya :
a. Pemain tidak diperbolehkan membawa bola lebih dari tiga (3) langkah 
b. Pemain tidak diperbolehkan memegang bola selama 3 detik.
c. Melempar bola keatas kemudian ditangkap kembali sebelum bola mengenai pemain lain.
d. Menyentuh bola dengan tungkai Bawah
e. Dengan sengaja melempar bola kepada lawan
f.  memasuki daerah Kiper
g. Memukul, Menarik, mendorong dan menjatuhkan lawan maka dianggap sebagai pelanggaran.
h. Segala tindakan yang menurut wasit merugikan lawan.

16 komentar:

  1. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi poker online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya & bisa main dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/23/pot-limit-omaha-poker-game-baru-dari-idn/
    http://www.indokartu.info/2018/07/28/cara-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/01/tips-dan-trik-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/


    Ayo join sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa pelayanan pada awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di cabang judi online yang berperingkat International, valid dan terpercaya hanya di poker online deposit pulsa.

    Sbg Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man bagi beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/


    Ayo daftar sekarang di bolazeus.biz

    BalasHapus
  3. BONUS 10% SETIAP HARI!

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, status agen Judi Online merancangmengabdikan pulsa ialah sealiran bos judi yang menjadwalkan permainan poker online pada masa ini sudah sekali simpel degnan masuknya atraksi ini judi online sedimen dengan pulsa kemudahan dalam berlagu disebuah pergelaran poker online yang sanggup kita jumpai saat ini sebenarnya buah semenjak makin berkembangnya jaman dan teknologi kala ini didalam pergelaran tandon online. Atas cuma menyiapkan pulsa seakan-akan aset deposit tontonan di bolazeus online, anggota sudah menggerapai giliran yang mega tengil beserta memihak permainan.

    Berlaku menjadwalkan pulsa didalam pergelaran poker online mestinya emang tentu makin mempermudah anakbuah masa kamu mengerjakan atraksi rungguhan online. Menurut munculnya deposit melewati pulsa maka anakbuah hendak pandai karena simpel antep beraga dan berprofesi jawara didalam sepotongan tontonan poker. Pementasan poker online endapan dengan pulsa jelasnya bakal berhasil separuh arti berperangai yang sanggup berbentuk pulsa hanya ataupun berwujud uang asli didalam seragam tontonan judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/keuntungan-bermain-judi-bola-deposit-pulsa/
    http://134.209.98.69/keuntungan-bermain-judi-bola-menggunakan-pulsa/
    http://134.209.98.69/keuntungan-bergabung-di-situs-judi-bola-pakai-pulsa/


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  4. Natal semakin dekat mari rayakan dengan penuh suka cita bersama Winning303

    Dapatkan Freechip 50.000
    Khusus buat member setia Winning303

    Jangan Lewatkan Kesempatan Ini...

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  5. BONUS FREECHIP!

    CemePoker yakni kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan beragam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg peserta judi poker dgn rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan separuh membernya lagi pemain Poker aku dijamin 100% Player VS Player.
    jangan lupa nantikan pahala menyentak setiap bulannya dan pemberian referal seumur hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo gabung sekarang di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  6. AvatarQQ - Agen Poker Online - Judi Poker Online - Agen Domino99 - Domino Online - Agen Judi Online

    Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www.avatarqq.com

    Kelebihan dari Agen Poker Online Avatarqq :
    • Situs Aman dan Terpercaya.
    • Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    • Bonus Deposit 10% Setiap Deposit
    • Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    • Bonus Cashback 0.5% (Disetiap Perminggu)
    • Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    • Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    • 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    9 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - Domino99 - PairQiu - AduQ - PokerLuck - PokerTexas - OMAHA - Slot

    Link Alternatif avatarqq :
    • www.avatarqq.org
    • www.avatarqq.net

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    WHATSAPP : +855-88-647-6590



    AGEN POKER LUCK
    BANDAR JUDI DOMINO99
    AGEN JUDI OMAHA
    AGEN ADUQ TERBAIK
    TRIK JUDI POKER
    AGEN BANDAR Q
    AGEN POKER ONLINEK

    BalasHapus
  7. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-23-februari-2020/

    https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-04-maret-2020/

    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  8. Museum Poker

    Agen judi Poker terbaru

    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

    #bonus deposit pulsa dengan minimal depo 50 rb

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    BalasHapus
  9. Kabar Gembira Untuk Kita Semua Agen Terpercaya kini sudah hadir di Indonesia.. Pelayanannya tidak mengecewakan alias Full Service.. Bergabunglah Bersama kami jika anda tidak mau ketinggalan..
    Mari Kunjungin Segera Website kami ZEUSBOLA...!!!

    Jenis permainan yang kami sediakan yaitu :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Situs Judi Ceme Deposit Pulsa

    Deposit Judi Bola Online Dengan Pulsa

    BalasHapus
  10. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  11. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - Perang Bacarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL
    * Menerima Deposit Via OVO dan Pulsa Telkomsel, XL/AXIS

    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ

    BalasHapus
  12. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Live Online
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    In
    fo Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  13. CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  14. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?

    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Cashback Mingguan
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level

    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    BalasHapus
  15. BOLAVITA agent sabung ayam SV388 & DIGMAAN dengan bonus mingguan yang terbanyak

    Mari join dan buktikan sekarang juga

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus