Kamis, 05 Mei 2016

Macam-macam Posisi pemain bola Voli dan tugasnya

Macam-macam posisi pemain bola voli beserta nama dan tugasnya. Dalam permainan olahraga bola voli, masing-masing pemain memiliki tugas dan perannya masing-masing. Dan fungsi atau tugas dari pemain bola voli ini sangat erat kaitannya dengan posisi pemain. Bagi sebagian orang yang bukan pemain voli mungkin sangat bingung dengan aturan posisi dan macam-macam posisi dalam permainan bola voli ini. oleh karena itu pada artikel kali ini akan sedikit kami share mengenai macam-macam posisi pemain dalam bola voli, sebutan atau nama-nama pemain berdasarkan posisi dan tugasnya, serta aturan perputaran (rotasi)  pemain  dalam olahraga bola voli.
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/06/posisi-pemain-bola-voli.html


Berikut ini adalah gambar macam-macam posisi pemain bola voli:
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/06/posisi-pemain-bola-voli.html
Dalam bentuk (formasi) permainan bola voli, pemain nomor satu disebut/ dinamakan sebagai server (pemain yang melakukan servis), pemain kedua dan keempat dinamakan spiker (smasher), pemain ketiga dinamakan tosser atau set-upper, pemain nomor lima dan enam dinamakan sebagai defender atau libero. Berikut penjelasan mengenai fungsi peran atau tugas dari setiap pemain tersebut:
  • Set-upper atau tosser adalah pemain bola voli yang bertugas sebagai pengatur serangan dari tim. Tosser umumnya akan mengumpan atau mengoper bola ke rekan tim dengan berbagai variasi umpan untuk spiker sehingga spiker bisa melakukan serangan yang menyulitkan atau bahkan mematikan pihak lawan. Kualiatas umpan serta kecerdasan dari tosser dalam memberikan variasi-variasi umpan mempunyai peran yang sangat besar untuk kemenangan tim. Selain sebagai pengatur serangan, seorang tosser juga harus mengusai teknik smash dan blocking. 
  • Spiker (smasher) adalah pemain bola voli yang bertugas untuk melakukan pukulan smash atau melakukan serangan sehingga menghasilkan poin atau nilai buat tim. Seorang spiker harus memiliki kemampuan melakukan serangan seperti pukulan smash yang baik. Karena posisi spiker selalu berada di depan, yaitu posisi 2 dan 4, seorang spiker harus juga bisa menguasai teknik blocking (membendung serangan lawan).
  • Libero adalah pemain bola voli yang bertugas untuk menerima atau menahan serangan-serangan dari lawan. Karena peran seorang libero adalah menahan atau menerima bola serangan lawan dengan menggunakan passing, baik passing atas ataupun passing bawah, maka seorang yang berperan sebagai libero harus memiliki atau menguasai teknik passing dengan sangat baik. Pemain libero bebas keluar masuk akan tetapi tidak boleh melakukan pukulan smash ataupun melakukan blocking.
  • Defender adalah pemain bola voli yang bertahan untuk menerima serangan lawan.
Perputaran atau pergeseran posisi pemain (Rotasi)
Perputaran posisi pemain dilakukan ketika terjadi pergantian bola servis, dan tim yang melakukan perputaran atau pergeseran posisi pemain adalah tim yang melakukan servis. Perputaran posisi pemain ini dilakukan searah jarum jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar